Berikut Daftar Peraih Penghargaan Liga 1 2019

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar penyerahan trofi juara ke Bali United bersama peraih penghargaan lainnya di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (22/12/2019). Trofi diserahkan langsung oleh Menpora, Zainudin Amali.

Dengan hasil ini, Bali United berhak mengikuti Kualifikasi Liga Champions Asia 2020. Sedangkan PSM Makassar yang notabene juara Piala Indonesia 2018/2019 akan mengikuti AFC Cup 2020.

Sementara, Persebaya Surabaya yang meraih runner up Liga 1 2019 dengan 54 poin, bisa saja mengikuti AFC Cup 2020 dengan syarat Bali United lolos ke babak penyisihan grup Liga Champions Asia.

Dilansir CELEBESMEDIA.ID dari laman resmi PSSI, untuk kategori klub fair play diraih oleh Tira Persikabo, selain itu pemain terbaik didapat oleh Renan Silva gelandang Borneo FC.

Untuk pemain muda terbaik disabet oleh Todd Rivaldo Ferre (Persipura), serta gol terbaik milik David Da Silva (Persebaya) dan top skor direngkuh Marko Simic (Persija) dengan torehan 28 gol. Wasit asal Jawa Barat, Yudi Nurcahya dinobatkan sebagai wasit terbaik musim ini.

Untuk musim Liga 1 2020 mendatang, ada tiga tim promosi yakni juara Liga 2 2019 Persik Kediri, runner up Persita Tangerang, dan peringkat tiga Persiraja Aceh. Tiga tim ini menggantikan Badak Lampung FC, Semen Padang, dan Kalteng Putra yang harus terdegradasi musim ini.

Daftar Penerima Penghargaan Liga 1 2019:

Juara: Bali United

Pemain Terbaik: Renan Selva (Borneo FC)

Pelatih Terbaik: Stefano Cugurra (Bali United)

Pemain Muda Terbaik: Todd Rivaldo Ferre (Persipura)

Tim Fair Play: Tira Persikabo

Gol Terbaik: David da Silva (Persebaya)

Wasit Terbaik: Yudi Nurcahya (Jawa Barat)

Top Skor: Marko Simic (Persija Jakarta)