Sadikin Aksa Bidik Posisi Waketum dan Exco PSSI

Ditektur Utama PT Persaudaraan Sepakbola Makassar, Sadikin Aksa - (foto by dok CELEBESMEDIA.ID)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ditektur Utama PT Persaudaraan Sepakbola Makassar, Sadikin Aksa bakal turut meramaikan bursa figur kepengurusan PSSI mendatang.

"Saya akan mendaftar untuk posisi Wakil dan exco," ujar Sadikin yang dikonfirmasi Celebesmedia.id.

Kepastian Sadikin mendaftar juga dibenarkan Rafi Razak, Direktur Bisnis PSM. "Insya Allah jam 10 mau ke PSSI," kata Rafi, Senin (16/1/2022).

Sadikin yang pernah belajar di sekolah sepakbola profesional di Singapura, membidik posisi Wakil Ketua Umum dan anggota Komite Eksekutif (Executive Committee-Exco).

Mengurus sepakbola bagi Sadikin, bukanlah hal baru. Dialah sosok yang jatuh bangun dan berjibaku dibalik eksisnya PSM hingga saat ini. Walaupun ia jarang tampil kecuali belakangan ini saja.

Sadikin pula bersama Rully Habibie yang membawa kembali PSM bermarkas di Makassar, setelah kepemilikan saham PSM dibelinya dari Arifin Panigoro.

Tekadnya, mengembalikan PSM ke Makassar sebagai kebanggaan warga Sulawesi Selatan di mana pun mereka berada.

Sadikin dikenal memiliki jaringan bisnis dan olahraga yang luas. Bukan hanya di dalam negeri tetapi juga di forum internasional.

Atas jasanya, Sadikin berhasil meyakinkan mitra bisnisnya, pemilik Qatar National Bank (QNB) untuk mensponsori kompetisi sepakbola Indonesia dengan titel kompetisi QNB, bank yang beroperasi di banyak negara. Meskipun akhirnya kompetisi itu dihentikan pemerintah karena adanya masalah PSSI.

Kalangan suporter, mantan pengurus maupun mantan pemain PSM mendukung keterlibatan Sadikin di PSSI mensuport Erick Thohir membenahi sepakbola nasional. Alasannya, Sadikin memiliki pengalaman mengurus organisasi olahraga internasional.

Sadikin tercatat pernah memimpin Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai Ketua Umum, sebelum beralih kepada Bambang Sosatyo, yang juga Ketua MPR-RI. Saat ini Sadikin sebagai Wakil Ketua Umum Roda Dua.

Ia juga tercatat pernah menduduki jabatan penting selaku Vice Chairman FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) organisasi internasional di bidang olahraga sepeda motor. FIM beranggotakan 112 federasi sepeda motor nasional yang dibagi dalam enam wilayah benua.

Sadikin yang memang gemar balap dan reli mobil, menjabat Chairman Asia Pacific Rally Commission pada  Federation International Automobile (FIA).

 Dalam struktur MotoGP Mandalika Official Test dan Grand Prix of Indonesia yang dibentuk Mandalika Grand Prix Association (MGP), Sadikin Aksa dipercaya menjadi Chief of Racing Committee (CRC).