Jokowi Minta PSSI Hentikan Sementara Liga 1 Akibat Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi - (screenshot YouTube)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berduka atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 129 orang dalam kerusuhan usai laga pekan ke-11 Liga 1 2022/23, Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10) malam.

Jokowi pun memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara kompetisi Liga 1 musim ini.

"Saya telah meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk memonitor khusus layanan medis bagi korban yang sedang di rawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik," tegas Jokowi dikutip dari laman YouTube Sekretariat Negara, Minggu (2/10).

"Saya juga telah perintahkan kepada Menpora, Kapolri dan Ketua Umum PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepakbola dan juga prosedur pengamanan penyelenggaranya," tambahnya.

"Khusus kepada Kapolri saya minta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini. Untuk itu saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," pinta Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menghentikan Liga 1 2022/23 selama satu pekan setelah kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan.

"Keputusan tersebut kami umumkan setelah kami mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan). Ini dilakukan untuk menghormati semua pihak, sambil menunggu proses investigasi dari PSSI," kata Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita di Jakarta, Minggu (2/10) dini hari.