2 Bulan Latihan di Inggris, Fisik Pemain Garuda Select Meningkat Drastis

Tim Garuda Select - (foto by PSSI.org)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Para pemain muda Tim Garuda Select yang menjalani latihan di Aston University, Birmingham, Inggris, menunjukkan peningkatan performa selama mengikuti pelatihan dalam dua bulan terakhir.

Selain mulai beradaptasi dengan cuaca dingin di Inggris, pelatih kepala Garuda Select, Des Walker, mengatakan anak asuhnya dapat menjalankan apa yang diharapkan tim pelatih.

“Satu hal yang paling mencolok saya lihat sejauh ini adalah peningkatan fisik. Mereka jadi lebih kuat dan berani dalam melakukan duel-duel keras di lapangan,” ucap Des Walker dilansir CELEBESMEDIA.ID dari laman resmi PSSI.

Tim Garuda Select mendapat latihan fisik tiga kali sehari, mereka harus menjalani serangkaian latihan baik itu di lapangan maupun di pusat kebugaran. Walker juga menekankan agar para pemain fokus meningkatkan kebugaran mereka.

Kemampuan fisik yang mumpuni menjadi salah satu aspek mendasar bagi para pemain selama menimba ilmu di sana. Hal itu, menurut Walker, menjadi modal untuk menjalani instruksi dari pelatih baik saat bertahan mau pun menyerang. Postur pemain-pemain lokal Inggris yang lebih tinggi dari mayoritas pemain Indonesia, kini bisa dihadapi dengan baik.

“Ada beberapa pertandingan yang saya senang melihatnya. Bahkan, sebenarnya kami bisa menang lebih banyak saat itu. Tetapi memang, ini bukan sesuatu yang bisa dipelajari dalam waktu satu malam. Masih banyak yang harus mereka lakukan ke depannya,” ucap Walker.

“Setidaknya saat ini, mereka sudah mulai terbiasa dengan hal-hal lain seperti berkomunikasi di lapangan. Saling mengingatkan untuk tetap bermain sesuai fungsi dan posisi masing-masing. Bukan untuk mengkritisi, tetapi sama- sama membangun pondasi tim yang kuat.” tambahnya.

Garuda Select kali ini merupakan angkatan kedua. Sebelumnya Garuda Select berlangsung hanya di Inggris selama lima bulan hingga Mei 2019. Sementara Garuda Select angkatan kedua selain bermarkas di Bimingham, Inggris, juga akan merasakan pelatihan di Como, Italia.

Ada tiga pemain muda PSM Makassar tergabung dalam Garuda Select II yakni Edgard Amping, Renaldi dan Muhammad Rafli Asrul. Mereka membela Tim Juku Eja pada ajang Liga 1 U-16 musim ini. Rencananya, mereka akan mengikuti program tersebut hingga 23 April 2020.

Beberapa waktu lalu, Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, menyatakan program Garuda Select merupakan bagian akselerasi pengembangan usia muda yang diadakan untuk menghadapi Olimpiade 2024 dan lolos Piala Dunia 2030.