Klub Bisa Rekrut 8 Pemain Asing di Liga 1 2024/25

Pemain asing PSM, Joao Pedro dan Yuran Fernandes - (foto by @psm_makassar/instagram)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus menegaskan ada sejumlah perubahan regulasi pada Liga 1 2024/25.

Perubahan regulasi tersebut diantaranya terkait kuota pemain asing dan pemain U-23.

Pada Liga 1 2024/25, klub bisa mengontrak 8 pemain asing. Dengan komposisi 6+2. Artinya, dari 8 pemain asing yang dikontrak, 2 pemain harus berasal dari Asia. 

"Jika klub mengontrak 8 pemain asing, ketentuan yang bisa menjadi starter adalah 5+1. Pada Daftar Susunan Pemain (DSP), boleh 6+2 dimasukkan," terang Ferry, Jumat (31/5).

"Akan tetapi starter atau yang berada di lapangan, maksimal 5+1. Itu artinya pemain asing cadangan bisa masuk jika menggantikan pemain asing lain yang diturunkan," lanjutnya.

Dengan perubahan kuota pemain asing, lanjut Ferry, kompetisi menjadi lebih berkualitas dan akan berpengaruh pada kualitas pemain lokal dan bermanfaat bagi Timnas.

Khusus untuk regulasi tentang pemain U-23, Ferry juga mengingatkan kebijakan menurunkan minimal satu pemain U-23 selama 45 menit di awal, kembali akan diterapkan.

"Sekali lagi, kebijakan menurunkan pemain U-23 ini demi kepentingan yang lebih luas. Kita harus mempertimbangkan kebutuhan Timnas U-23," ujar Ferry.

Berkaitan dengan pemain U-23, Ferry menyatakan bahwa di tengah bertambahnya kuota pemain asing, sepanjang kompetisi akan diadakan penilaian khusus yang ada kaitannya dengan penggunaan talenta lokal. Hal itu akan berimbas pada variabel kontribusi yang lebih besar bagi klub.

Diberitakan sebelumnya, Liga 1 2024/25 dijadwalkan mulai bergulir pada 2 Agustus 2024 mendatang.

Sumber: LIB