FIFA Batalkan Drawing Grup Piala Dunia U-20 2023

Perwakilan FIFA melakukan inspeksi stadion tuan rumah Piala Dunia U-20 - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - FIFA memutuskan membatalkan undian Piala Dunia U-20 yang rencananya digelar di Bali pada akhir Maret 2023.

Pembatalan itu telah disampaikan FIFA ke panitia penyelenggara (LOC) pada Sabtu (25/3) kemarin. Badan sepakbola dunia itu belum menyampaikan alasan pembatalan tersebut.

Namun, pembatalan tersebut diisukan berkaitan dengan aksi penolakan Timnas U-20 Israel sebagai peserta karena alasan politik.

FIFA dikabarkan minta jaminan keamanan 24 tim peserta saat berada di Indonesia, sebelum menjadwalkan ulang drawing atau pengundian grup.

Timnas U-20 Indonesia masuk ke dalam Pot 1 sebagai tim tuan rumah. Total akan ada 24 tim dari 6 konfederasi yang diundi dalam babak grup.

Meski drawing grup dibatalkan, namun agenda lain terkait penyelenggaraan turnamen seperti inspeksi stadion tetap berjalan seperti biasa.

Sebanyak 18 perwakilan FIFA memulai inspeksi secara menyeluruh ke enam kota tuan rumah selama 6 hari berturut-turut mulai Rabu (22/3) hingga Senin (27/3).

Tak hanya FIFA, panitia penyelenggara juga turut mendampingi dalam inspeksi ini.

Pada inspeksi yang dilakukan, FIFA bersama LOC mendiskusikan semua hal terkait operasional selama pertandingan termasuk di dalamnya penentuan akses, perencanaan keamanan dan semua kelengkapan yang harus disiapkan.