Juara AFF Jadi Modal Timnas U-19 untuk Lolos ke Piala Asia

Selebrasi juara Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024 - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Usai sudah penantian 11 tahun puasa gelar bagi Timnas U-19 Indonesia. Tahun ini, mereka sukses menjadi kampiun Piala AFF U-19 2024.

Indonesia juara usai menumbangkan Thailand pada laga final dengan skor tipis 1-0 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7) malam.

Satu-satunya gol dari Garuda Muda dicetak oleh Jens Raven pada menit ke-18.

“Pertama, saya mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT, karena tahun kemarin ada medali emas SEA Games 2023, tahun ini 2024, ada Piala AFF U-19. Dan tentu untuk saya, itu menjadi motivasi agar berbuat yang lebih baik lagi,” buka pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri pada sesi jumpa pers usai laga.

“Yang kedua tentu ini trofi dan medali untuk para pemain yang berusaha, bekerja keras, di mana tim ini dipersiapkan lebih kurang tujuh bulan ya, dari mulai Januari. Tentu juara AFF ini menjadi modal baik kita untuk bisa lebih percaya diri lagi agar lolos ke Piala Asia. Kami sangat yakin,” tambahnya.

Dengan koleksi empat gelar di lemari pialanya, Indra mengatakan sejauh ini ia hanya memberikan usaha terbaik saat ditugaskan PSSI.

“Sebagai anak bangsa yang baik sebagai warga negara Indonesia yang baik. Apapun yang ditugaskan negara lewat PSSI ke saya saya akan kerjakan dengan baik, apapun,” ucapnya.

“Mau Dirtek (Direktur Teknik) kemarin, saya lakukan pekerjaan di Dirtek. Dan sekarang di kepelatihan sampai tahun 2027, Insyaallah saya akan amanah,” tutupnya.

Selain menjadi juara, gelar lain diraih oleh tim ini. Yakni, gelar kiper terbaik sepanjang kejuaraan ini berlangsung, yang diraih oleh Ikram Alghifari. Kemudian pemain terbaik yang disabet oleh Dony Tri Pamungkas.