Tumbangkan Kamboja 2-0, Indonesia Puncaki Klasemen Grup A Piala AFF U-19

Timnas Indonesia berhasil menumbangkan Kamboja dalam laga penyisihan grup A Piala AFF U-19 di GBT Surabaya, Sabtu (20/7) malam - (foto by Instagram/ @timnas.indonesia)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- Posisi Indonesia di puncak klasemen grup A piala AFF U-19 kian kokoh setelah menumbangkan Kamboja dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu (20/7) malam.

Dua gol timnas Indonesia disumbangkan pemain belakangnya Kadek Arel pada menit ke-71 dan Iqbal Gwijangge menit ke-86.

Pada babak pertama, skuad Garuda Muda mendapat peluang melalui Muhammad Alfharezzi Buffon yang tidak terkawal di kotak penalti lawan, pada menit ke-20 dan 22. Sayangnya tendangan tersebut masih melenceng di atas gawang Kamboja.

Timnas Kamboja yang diasuh Phea Sopheaktra juga beberapa kali mencoba menembus pertahanan Indonesia, namun selalu kandas. 

Menjelang akhir babak pertama, pada menit ke-45 Indonesia mendapat peluang melalui Arkhan Kaka. Tetapi sundulannya masih berhasil ditangkap oleh penjaga gawang Kamboja Mat Lany.Hingga turun minum skor masih 0-0.

Pada babak kedua, permainan Kamboja lebih terbuka hingga berhasil.menembus pertahanan Indonesia.

Bahkan di menit ke-62 Phoeuk Thatthai kembali membuat peluang, sayang tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Indonesia yang dijaga Ikram.

Anak asuh Indra Sjafri juga terus berusaha mengepung pertahanan Kamboja. Peluang akhirnya tercipta. Pada menit ke-67 melalui tendangan jarak jauh Kadek di luar kotak penalti nyaris membobol gawang Kamboja namun masih bisa ditahan oleh pemain belakang lawan dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

 Indonesia baru bisa memecah kebuntuan lewat sundulan Kadek Arel pada menit ke-71 yang tercipta dari tendangan pojok yang diambil oleh Muhammad Kafiatur. Kadek yang terlepas dari penjagaan berhasil mengarahkan sundulannya ke arah pojok kanan penjaga gawang Kamboja. Skor sementara berubah menjadi 0-1.

Timnas Indonesia kembali unggul pada menit ke-86 lewat pemain belakang Iqbal Gwijangge. Peluang ini tercipta lagi-lagi dari tendangan pojok.

Tendangan pojok Kafiatur dimanfaatkan baik oleh Iqbal yang berdiri bebas di di depan gawang berhasil merobek gawang Mat Lany. Skor sementara berubah menjadi 0-2.

Hingga Wasit asal Oman Al Bayushi Yahya Ahmed Ibrahim meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan skor tetap 0-2, kemenangan untuk Indonesia.

Kemenangan ini menguatkan posisi Indonesia di puncak klasemen Grup A dengan 6 poin dari dua laga yang telah dimainkan.