Euro 2020: Italia Samai Rekor Berusia 81 Tahun

Pemain Italia - (foto by instagram/@euro2020)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Italia menjaga kesempurnaannya di fase grup Euro 2020, dengan meraih kemenangan atas Wales di laga terakhir Grup A.

Atas kemenangan itu, Gli Azzurri memperpanjang catatan tidak terkalahkan, dan menyamai rekor yang terukir 81 tahun silam.

Pasukan Roberto Mancini tampil cemerlang di fase grup dengan meraup 9 poin dari 3 pertandingan, serta mencetak 7 gol tanpa kebobolan.

Kemenangan atas Wales juga memperpanjang laju tak terkalahkan Italia menjadi 30 pertandingan. Opta mencatat, Italia mengulang rekor rangkaian pertandingan tanpa kekalahan yang diukir di bawah nahkoda pelatih Vittorio Pozzo pada periode 1935-1939.

Selain itu, Italia belum pernah kalah sekalipun sejak Juni 2013 ketika mereka mencetak gol. Kekalahan terakhir itu ditelan dari Brasil pada ajang Piala Konfederasi. Dalam periode tersebut, Italia memetik 39 kemenangan dan berimbang 12 kali.

Italia berkesempatan mengukir rekor baru jika bisa mempertahankan laju sempurnanya di babak 16 besar. Melihat catatannya sejauh ini, tak mengejutkan jika Italia dijadikan salah satu favorit juara Piala Eropa 2020.

Diberitakan sebelumnya, bermain di Stadion Olimpico, Minggu (20/6/2021), Pasukan Roberto Mancini membekap Wales dengan skor tipis 1-0. Gol tuan rumah dicetak Matteo Pessina.

Dalam laga tersebut, Wales bermain dengan 10 pemain di babak kedua setelah Ethan Ampadu mendapat kartu merah dari wasit.