Menpora Ingin Kompetisi Musim Ini Secepatnya kembali Bergulir

Kapten PSM, Wiljan Pluim berupaya melewati hadangan pemain Bali United pada pekan ke-2 Liga 1 2022/23 di Stadion BJ Habibie, Parapare, Jumat (29/7) - (foto by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali tak ingin kompetisi sepakbola Liga 1, Liga 2 maupun Liga 3 terhenti terlalu lama karena ia anggap hal itu akan menyulitkan klub dan pemain.

Namun Zainudin juga tidak dapat memastikan kapan kompetisi musim ini bisa kembali bergulir di saat pemerintah juga masih melakukan audit stadion yang biasa digunakan untuk Liga 1.

“Sejalan dengan arahan Pak Presiden, kita akan ada kepastian kapan akan mulai lagi liga, dan yang diaudit itu adalah stadion-stadion yang sudah ada dan digunakan. Terkait kapan liga mulai, kami belum tahu ya kami akan mensimulasikan lagi,“ ungkap Zainudin dikutip laman resmi Kemenpora, Selasa (11/10/2022).

Menurut dia, nasib kelanjutan kompetisi menjadi hak PSSI dan Polri yang akan sama-sama merumuskan sistem pertandingan yang bisa diterapkan.

“Jadinya seperti apa nanti biarlah PSSI, pengelola kompetisi dan Polri yang merumuskan seperti apa. Posisi pemerintah hanya memfasilitasi dan membantu. Pemerintah tak sampai turut campur termasuk dalam menentukan jam pertandingan dan sebagainya," tuturnya.

Zainudin menegaskan pemerintah saat ini sedang fokus pada penyelesaian kasus dan penanganan korban Tragedi Kanjuruhan agar dapat tuntas secepat-cepatnya.

Sementara itu, PSSI mengatakan bahwa kompetisi nasional baru bisa dilanjutkan setelah ada persetujuan dari FIFA.

Sumber: ANTARA