Kualifikasi Piala Eropa 2020: Republik Ceko Tekuk Inggris 2-1

Pemain Ceko bersorak usai mencetak gol kemenangan / foto: Antara Foto/Reuters-David W Cerny

CELEBESMEDIA.ID, PrahaInggris menelan kekalahan dari tuan rumah Republik Ceko pada laga Group A Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Sinobo Stadium, Praha, Republik Ceko, Jumat (11/10/2019) malam waktu setempat. Three Lions takluk dengan skor tipis 1-2.

Inggris lebih dulu unggul setelah mendapat hadiah penalti saat laga baru berjalan 4 menit. Wasit menunjuk titik putih setelah melihat tusukan yang dilakukan Raheem Sterling ke kotak penalti dijegal secara paksa oleh pemain Ceko, Alex Kral.

Harry Kane maju sebagai eksekutor. Penyerang Tottenham Hotspur itu berhasil menyarangkan golnya ke  gawang tuan rumah yang dijaga Tomas Vaclik pada menit ke-5. Inggris unggul dengan skor 1-0.

Sayangnya, keunggulan Inggris hanya bertahan empat menit. Jakub Brabec mampu mengkonversi umpan sepak pojok yang dilepaskan oleh Ondrej Celutska menjadi gol di menit ke-9. Kedudukan pun menjadi imbang 1-1.

Hingga akhir babak pertama, tidak ada lagi gol yang tercipta. Kedua tim masuk ruang ganti dengan skor sama 1-1.

Di babak kedua, kedua tim berupaya untuk mencetak gol. Sejumlah peluang emas mampu diciptakan Inggris, baik melalui Sterling mapun Harry Kane, namun tidak berbuah gol.

Tuan rumah juga pun terus menekan. Lukas Masopust mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan ke gawang Inggris. Beruntung, Jordan Pickford masih cukup sigap untuk menghalaunya.

Mimpi buruk bagi Inggris jelang akhir pertandingan. Zdenek Ondrasek berhasil menemukan ruang tembak di tengah kotak penalti Inggris di menit 85 membuat publik tuan rumah langsung bersorak. Skor 2-1 untuk Ceko.

Di sisa waktu, Inggris tidak mampu mengejar ketertinggalan dan pasrah pulang dengan kekalahan. Namun, meski kalah, Inggris masih kokoh di puncak klasemen Grup A dengan 12 poin. Republik Ceko menguntit dari peringkat dua dengan perolehan poin yang sama.