Timnas U-19 Kalah Telak 0-4 dari Seongnam FC

Latihan Timnas U-19 /foto: PSSI.org

CELEBESMEDIA.ID, Bangkok - Timnas Indonesia U-19 kalah telak 0-4 tim kasta teratas Liga Korea Selatan (K League) Seongnam FC di Chiang Mai, Thailand, Sabtu (25/1/2020) malam waktu setempat.

Asisten pelatih timnas U19 Indonesia, Nova Arianto, maklum atas kekasalahn itu. Ia menambahkan, kualitas lawan dua tingkat atas pemain timnas.

"Seongnam menurunkan tim seniornya," kata Nova seperti dikutip dari Antara.

Meski melawan pemain senior, Zico dkk telah menunjukkan permain terbaiknya dalam laga yang berlangsung dengan format tiga babak atau 3x30 menit tersebut.

Nova menambahkan, uji coba ini juga bukan target Timnas U-19 pada TC di Thailand ini.

"Hasil dua laga uji coba bisa dimaklumi karena anak-anak belum masuk ke latihan taktik. Kami masih fokus ke peningkatan kondisi fisik," ucap Nova.

Ini adalah kekalahan kedua tim asuhan Shin Tae-yong selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Thailand. Bahkan, Timnas U-19 Indonesia sudah kebobolan enam kali dan gagal mencetak gol dalam dua laga uji coba selama TC di Thailand.

Sebelumnya, mereka takluk dari skuat universitas Kyung Hee University dengan skor 0-2, juga dalam pertandingan berformat 3x30 menit, Jumat (24/1/2020).

Shin Tae-yong membawa 28 pemain untuk mengikuti TC di Thailand. Para pemain Garuda Muda ini digembleng sampai 1 Maret nanti untuk persiapan mengikuti agenda besar di tahun 2020.

Pertama, timnas U19 Indonesia akan mengikuti Piala AFF U19 yang berlangsung di Indonesia tetapi waktunya belum ditentukan. Kedua adalah Piala Asia U19 yang berlangsung di Uzbekistan, 14-31 Oktober 2020 mendatang.

Dua turnamen tersebut menjadi ujian timnas U19 Indonesia sebelum tampil di Piala Dunia U-20 pada 24 Mei-12 Juni 2021 mendatang.