12 Klub Top Eropa Akan Luncurkan European Super League

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dua belas klub top Eropa dalam waktu dekat akan meluncurkan kompetisi baru dengan titel European Super League.

AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur telah bergabung sebagai Klub Pendiri liga baru tersebut.

European Super League rencananya dibentuk karena pandemi Covid-19, demi meningkatkan kualitas dan intensitas kompetisi Eropa, serta menciptakan format untuk klub dan pemain top guna bersaing secara teratur.

Turnamen tahunan tersebut diyakini mampu memberikan pertumbuhan ekonomi untuk sepakbola Eropa. Selain itu, kompetisi akan dibangun di atas fondasi keuangan yang berkelanjutan dengan semua Klub Pendiri transparan dalam keuangan mereka.

Hal tersebut telah dibahas oleh para pemangku kepentingan sepakbola Eropa dalam beberapa bulan terakhir. Ke depannya, Klub Pendiri berharap bisa berdiskusi dengan UEFA dan FIFA untuk bekerja sama.

European Super Leagie rencananya digelar pada Agustus hingga Mei setiap musimnya. Liga itu akan diikuti 20 klub Eropa yang terdiri dari 15 Klub Pendiri dan lima tim sisanya akan dipilih berdasarkan performa klub di kompetisi domestik Eropa pada musim sebelumnya.

Peserta akan akan dibagi menjadi dua grup, yang terdiri dari 10 tim di masing-masing grup. Fase grup menerapkan format round-robin atau seluruh tim akan saling berhadapan di kandang dan tandang.

Selanjutnya, tiga klub teratas dari masing-masing grup akan lolos ke perempat final. Dua tempat terakhir akan diperebutkan tim peringkat keempat dan kelima lewat babak play-off.

Perempat final dan semifinal akan menggunakan format knock-out dalam dua leg, kandang dan tandang. Sedangkan, final mengusung sistem single match di tempat netral.