Indonesia Kalah dari Vietnam, Ini Penjelasan Indra Sjafri

Indra Sjafri - (foto by PSSI.org)

CELEBESMEDIA.ID, Manila - Timnas Indonesia U-23 meraih medali perak pada ajang SEA Games 2019 di Filipina. Dalam laga final, Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa malam (10/12/2019).

Pelatih Indonesia, Indra Sjafri menegaskan timnya telah bermain maksimal untuk memenangkan pertandingan. Meski demikian, sang lawan juga tampil disiplin dalam bertahan dan menyerang.

"Selamat buat vietnam dan laga tadi secara performa, kita lebih baik dari pertandingan sebelumnya. Kita mengawali pertandingan dengan bermain terbuka, gol terjadi, dua gol, dari set piece. Mungkin itu saja, jadi selamat buat vietnam," kata Indra dilansir CELEBESMEDIA.ID dari laman resmi PSSI.

"Jadi prestasi hari ini sebenarnya jauh lebih baik ketimbang 6 tahun sebelumnya. Tapi kita mencoba untuk menjadi lebih baik dengan mengusahakan medali emas, setelah 28 tahun terakhir. Dan kita mulai dengan gim terbuka, karena ini memang single match, tidak ada lagi pertandingan setelah ini, ya kalau tidak kalah ya menang," ujarnya.

"Tetapi secara keseluruham, tim ini lebih baik dari gim-gim sebelumnya. Gol-gol dari set piece menjadi pekerjaan rumah kita, dan saya dari awal sudah kasih tahu pemain, bahwa Vietnam unggul dari bola-bola atas, dan juga sejak dengan pelatih Park, posession mereka, pergerakan pemain, mereka lebih baik. Dan pemain-pemain vietnam bermain dengan semangat luar biasa," tutup Indra.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule mengatakan, keberuntungan belum di pihak kita.

"Mereka bermain taktis. Baru menit ke-12 mereka sudah cederai Evan Dimas. Memang itu yang jadi strategi mereka. Namun, pemain jangan kecil hati, mereka sudah kasih yang terbaik," kata Iriawan.

Dalam laga puncak tersebut, gol-gol kemenangan Vietnam dicetak oleh Van Hau Doan (39’) dan Hung Dung Do (59’, 72’).