Madura United, Klub Pertama yang Rehat usai Tragedi Kanjuruhan

Pemain Madura United - (foto by @maduraunited.fc/instagram)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Madura United mengumumkan rehat sejenak dari aktivitas sepakbola, termasuk latihan tim setelah kompetisi ditunda hingga dua pekan ke depan.

Keputusan itu diumumkan melalui akun resmi @maduraunited.fc di Instagram pada Jumat (7/10/2022).

"Kami berhenti dulu. Berkumpul dengan keluarga. Sepak bola memang penghidupan kami. Tapi kami lebih menghargai kehidupan insan sepak bola Indonesia," tulis @maduraunited.fc.

Madura United menjadi klub Liga 1 2022/23 yang mengumumkan untuk rehat sejenak setelah Tragedi Kanjuruhan yang menimbulkan 131 korban jiwa.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan audit seluruh stadion sepakbola di Indonesia untuk mencegah terulangnya Tragedi Kanjuruhan.

"Saya juga perintahkan untuk mengaudit total seluruh stadion yang dipakai untuk liga, baik Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3, semuanya apakah gerbangnya sesuai standar cukup lebar, apakah gerbang ukurannya sesuai dengan standar, manajemen lapangannya yang memegang kendali siapa, semuanya," kata Presiden di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Saiful Anwar, Kota Malang, Rabu (5/10).

Presiden Jokowi pun memberikan waktu satu bulan kepada Kementerian PUPR untuk melakukan audit stadion tersebut. Atas perintah itu, kompetisi sepakbola Indonesia bakal terhenti sebulan.

"Audit stadion juga sama, 1 bulan karena kalau kita lihat di GBK dengan penonton 80 ribu orang, pintu dibuka 15 menit semua bisa keluar. Saya kira standar-standar itu yang harus kita miliki," tambah Presiden.

Presiden juga menambahkan bahwa Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menyatakan kesiapannya untuk membantu memperbaiki tata kelola tersebut.