FIFA Batalkan Peru sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Logo FIFA - (foto by ANTARA/AFP)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - FIFA menyatakan bahwa mereka telah membatalkan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, setelah melakukan diskusi panjang dengan Federasi Sepakbola Peru (FPF), Senin (3/4) malam.

Dalam pernyataan tertulis di laman resminya, FIFA menyebut bahwa jadwal turnamen itu tidak akan berubah, yakni tetap berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember.

Alasan pembatalan Peru untuk menggelar ajang itu disebut karena ketidak mampuan tuan rumah untuk memenuhi komitmen-komitmennya terkait masalah infrastruktur yang diminta untuk dapat menyelenggarakan turnamen.

Meski terdapat hubungan kerja yang baik antara FIFA dengan FPF, federasi sepakbola dunia menegaskan bahwa Peru telah kehabisan waktu untuk mengamankan investasi yang diminta untuk dapat menyelenggarakan Piala Dunia U-17.

Dalam paragraf terakhir pernyataannya, FIFA menyatakan rasa terima kasih kepada FPF untuk semua usaha yang telah dilakukan. FIFA juga masih membuka kesempatan bagi Peru untuk menyelenggarakan turnamen-turnamen sepakbola pada masa yang akan datang.

Ini merupakan kedua kalinya dalam kurun waktu sepekan FIFA membatalkan tuan rumah untuk menyelenggarakan Piala Dunia junior, setelah sebelumnya mereka membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Berbeda dengan pembatalan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang mencantumkan alasan jelas, pembatalan Piala Dunia U-20 oleh FIFA tidak disertai alasan-alasan yang jelas. FIFA hanya menyebut keputusan itu diambil setelah melihat situasi terkini.

Sebelumnya Piala Dunia U-20 Indonesia, setelah sejumlah elemen keberatan terhadap kedatangan Timnas Israel. Israel sendiri berhak mengikuti Piala Dunia U-20 karena berstatus runner up Piala Eropa U-19 2022.

Sumber : ANTARA