Isle of Man TT, Kejuaraan Balap Motor Paling Berbahaya

Bucek . 18-10-2021, 14:23
Balapan Isle of Man TT - (foto by instagram/@ttracesofficial)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Isle of Man TT disebut merupakan kejuaraan balap motor paling berbahaya di dunia, dari sederet ajang adu cepat kuda besi.

Balapan Isle of Man TT tidak dilangsungkan di sirkuit layaknya kompetisi balap pada umumnya, melainkan di jalanan umum yang ditutup sementara, dimana terdapat banyak pemukiman warga.

Jalanan yang dijadikan venue balap sepanjang 60 Km itu terletak di Pulau Man, yang masuk dalam teritori Inggris.

Para pembalap bakal melalui trek yang ekstrem dan tak terduga seperti jalan yang diapit pagar, diapit dinding batu hingga tikungan-tikungan ekstrem tak terduga.

Saking ekstremnya, dua raja balap MotoGP, Valentino Rossi dan Marc Marquez pernah menolak ikut berkompetisi di ajang Isle of Man TT.

Dikutip CELEBESMEDIA.ID dari Mirror via Kompas.com, sejak digelar pada tahun 1907, keseluruhan kategori balapnya dari mulai Isle of Man TT, Manx Grand Prix dan Classic TT tercatat menelan total 258 korban.

Dengan catatan 150 adalah korban dari balapan dari kategori Isle of Man TT saja.

Isle of Man TT dijadwalkan kembali digelar pada tahun 2022, antara tanggal 29 Mei dan 11 Juni. Dua edisi sebelumnya dibatalkan, lantaran pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

Ada format baru pada Isle of Man TT 2022. Kualifikasi bakal berlangsung Minggu sore, 29 Mei dan Jumat, 3 Juni dengan sesi malam berlangsung pada hari yang sama.

Delapan balapan telah diumumkan dalam jadwal sementara yang sudah dirilis di lima kelas: Superbike (termasuk Senior TT, Sidecar, Supersport, Superstock dan Lightweight).

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment