Liga 1 2021: PT LIB Akan Siapkan Aturan Soal Penonton di Stadion

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Operator kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyambut baik terkait rencana pemerintah mengizinkan adanya penonton dalam pertandingan sepak bola di stadion.

Dikutip CELEBESMEDIA.ID dari laman resmi Liga Indonesia Baru, setelah mendapatkan informasi tentang rencana pemerintah tersebut, PT LIB langsung berkoordinasi dengan PSSI dan pihak-pihak terkait.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah tentang rencana dibukanya kembali penonton di sepak bola. Rencana tersebut menunjukkan bahwa pemerintah sangat peduli dan memerhatikan perkembangan yang terjadi,” sebut Akhmad Hadian Lukita, Direktur Utama PT LIB, Kamis sore (14/10/2021).

Disebutkan akan ada peraturan tentang dibukanya kembali penonton di pertandinganLiga 1 dan Liga 2020-2021. Karena berhubungan langsung dengan kelancaran kompetisi, kata Akhmad Hadian Lukita, dibutuhkan perhatian dan komitmen semua pihak dalam menerapkan peraturan tersebut. Jangan sampai ada pelanggaran yang akhirnya merugikan banyak pihak.

“Jika ada pelanggaran oleh suporter atau penonton, akan ada hukuman tegas. Pertama, klub akan mendapatkan sanksi tegas. Bisa dalam bentuk pengurangan poin atau yang lainnya. Tidak hanya itu, bagi kelompok suporter atau penonton yang melakukan pelanggaran tersebut, maka akan dilarang untuk kembali datang ke stadion,” tegasnya.

Sebelumnya, dalam press conference yang dilakukan Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Panjaitan, menyebutkan bahwa pertandingan sepak bola boleh dihadiri oleh penonton lagi. Dengan ketentuan, menyesuaikan dengan persyaratan yang sudah ditentukan pemerintah.

“Presiden minta dievaluasi (aturan pelaksanaan pertandingan sepak bola). Penonton 30 persen di beberapa kota yang levelnya sudah memungkinkan. Itu dengan persyaratan misalnya PCR untuk pemain dan official, dan penonton mungkin di-antigen. Segera kami putuskan dan umumkan,” ucap Luhut Binsar Panjaitan, Senin (11/10) lalu.