Jenderal Qasem Soleimani Dimakaman Selasa 7 Januari, Jenazahnya Diarak Jutaan Orang

ARA . 06-01-2020, 19:29
Jenazah Jenderal Qasem Soleimani diarak jutaan orang - (foto by Morteza Jaberian/Mehr News Agency via AP)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Mendiang Mayor Jenderal Qasem Soleimani, rencananya akan dimakamkan di kampung halamannya di Kerman, Selasa (7/1/2020) waktu setempat. 

Sebelumnya, shalat jenazah jenderal berusia 62 tahun tersebut dipimpin oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei di Teheran University,  Senin (5/1/2020). Sebelum dishalatkan, jenazah Soleimani sempat diarak ke Kota Ahvaz beberapa jam setelah tiba dari Irak. Jasad pria 62 tahun itu juga akan diarak ke sejumlah kota sebelum dimakamkan.

Jutaan orang turun ke jalan untuk mengarak jenazah Jenderal Soleimani yang tewas akibat serangan udara Amerika Serikat (AS) di Irak, Jumat (3/1/2020) lalu. Jenazah Soleimani selanjutnya akan disemayamkan di sebuah kuil Syiah di kota suci Qom, selatan Teheran.

Pemerintah Iran telah mengumumkan tiga hari berkabung nasional atas kematian Soleimani. Kematiaan tokoh militer Iran ini dikhawatirkan akan memicu perang antara AS dan Iran. Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei berjanji akan membalas serangan AS tersebut. Sementara itu Presiden AS Donald Trump juga mengancamkan akan melakukan balasan atas tindakan pembalasan yang akan dilakukan oleh Iran.


Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment