Karena Corona, Arab Saudi Larang Warganya Umrah dan Berkunjung ke Masjid Nabawi

Seorang jamaah berpose di depan Ka'bah - (Foto by AP/Amr Nabil)

CELEBESMEDIA.ID, Riyadh – Setelah pekan lalu mengeluarkan larangan sementara bagi umat muslim dari 23 negara untuk melaksanakan ibadah umrah, terhitung sejak Rabu (4/3/2020), pemerintah kerajaan Arab Saudi akhirnya juga mengeluarkan larangan serupa untuk warganya. 

Disadur CELEBESMEDIA.ID dari channelnewsasia.com, Kamis (5/3/2020), keputusan ini diambil oleh pihak kerajaan karena kekhawatiran akan menyebarnya virus corona baru di kota-kota paling suci umat Islam. Pihak kerajaan mengatakan penangguhan untuk beribadah umrah tersebut bersifat sementara.

Tak hanya itu, melalui tweetnya, kementerian luar negeri Arab Saudi juga menginformasikan bahwa pemerintah Saudi juga melarang sementara untuk berkunjung ke masjid Nabawi di Madinah.

Pada Rabu kemarin, Arab Saudi mengkonfirmasi kasus virus corona keduanya yakni seorang warga negaranya yang dinyatakan positif virus corona setelah pulang dari Iran. Kasus ini merupakan kasus kedua swetelah sebelumnya pada Senin lalu seorang pria Saudi dinyatakan positif Corona. Keduanya masuk kembali ke kerajaan melalui Bahrain.