Setelah Banjir, China Diterjang Topan In-Fa

Usai Topan In-Fa menerjang Lalu lintas laut di sebagian besar pantai timur China ditutup Senin (26/7/2021) dini hari - (foto by: AFP)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- Setelah dilanda banjir yang menewaskan puluhan orang, kini China diterjang Topan In-Fa. Topan ini menerjang China timur dengan angin kencang dan hujan lebat, Minggu (25/7/2021). 

Efek topan sudah terasa Minggu pagi di kota metropolitan Shanghai, kota terbesar di China. Hembusan angin kencang terus berembus, meski belum turun hujan lebat.

Otoritas meteorologi China menyebut topan kemungkinan akan berdampak pada wilayah yang pekan lalu terkena banjir besar. Padahal wilayah ini masih berupaya membersihkan banjir paling besar dalam sejarah menerjang.

Dikutip dari CNN, In-Fa diperkirakan akan melemah begitu mendekati daratan. Tetapi kemungkinan akan terus memengaruhi cuaca di wilayah China timur selama berhari-hari, mengakibatkan hujan lebat, bahkan mungkin berdampak juga ke wilayah yang masih belum pulih sepenuhnya dari banjir besar minggu lalu.

"Penting untuk sangat waspada dan mencegah bencana yang mungkin disebabkan oleh hujan deras yang ekstrem (dari Topan In-Fa)," kata Badan Meteorologi China.

Lalu lintas laut, udara dan kereta api ditutup di sebagian besar pantai timur China usai In-Fa diperkirakan akan mendarat di dekat pelabuhan pengiriman utama Ningbo sekitar Minggu sore atau Senin (26/7/2021) dini hari.

Semua penerbangan masuk dan keluar dibatalkan pada hari Minggu untuk dua bandara internasional kota seperti puluhan kereta terjadwal, sementara aktivitas di pelabuhan Shanghai dan Ningbo - dua yang terbesar di dunia - juga ditutup.

Pekan lalu, hujan deras dengan intensitas selama satu tahun mengguyur hanya dalam tiga hari di provinsi tengah Henan, menewaskan sedikitnya 58 orang.