Pemerintah Segera Evakuasi 3 Relawan RS Indonesia di Gaza

RS Indonesia di Gaza - (foto by Antara)

CELEBESMEDIA.ID, Malassar - Tiga relawan RI yang sebelumnya membantu Rumah Sakit Indonesia di Gaza masih dalam proses evakuasi.

Mereka adalah Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanzabil Al Ayubi.

Dari informasi dari MER-C, organisasi kemanusiaan yang menaungi ketiga relawan tersebut Fikri, Reza dan Farid masih berada di Gaza Seletan. Sebelumnya ketiga relawan tersebut berhasil dievakuasi dari RS Indonesia yang terletak di Gaza utara ke Gaza selatan.

Di Gaza selatan, mereka masih menunggu untuk bisa dievakuasi keluar dari Gaza menuju pintu Rafah yang berbatasan langsung dengan Mesir demikian yang diberitakan Antara, Kamis (23/11/2023).

Sementara itu Kementerian Luar Negeri berkoordinasi dengan KBRI Kairo dan KBRI Amman masih berupaya segera mungkin mengevakuasi tiga WNI relawan itu. 

“Evakuasi akan kita upayakan secepatnya,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Judha Nugraha melalui sambungan telepon kepada ANTARA, Kamis malam.

Proses evakuasi membutuhkan waktu dan proses yang berbelit-belit. Ada banyak piham yang terlibat dalam evakuasi warga negara asing dari Gaza.

Sebelum diizinkan keluar dari Gaza, warga negara asing termasuk WNI, harus dimasukkan namanya dalam daftar evakuasi yang telah diperiksa dan disetujui oleh otoritas Mesir, Israel, dan Palestina.

“Prosesnya memang kompleks, tetapi akan kita upayakan,” janji Judha.

Kondisi ketiga WNI itu sehat, dan sudah bisa dihubungi kembali oleh pihak Indonesia setelah sebelumnya dilaporkan hilang kontak sejak 18 November.