Kasus Covid-19 Naik, Warga Jepang Unjuk Rasa Desak Olimpiade Dihentikan

Warga Jepang berunjuk rasa desak olimpiade dihentikan - (foto by: tangkapan layar video CNN Internasional)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- Kasus rekor harian Covid-19 di Tokyo sudah mencapai 3.865 kasus, sementara kasus harian nasional mencapai 10 ribu untuk pertama kalinya. Media lokal setempat memberitakan pemerintah akan mengumumkan status darurat di Tokyo dan Okinawa diperpanjang hingga akhir Agustus. Sedangkan status darurat juga diumumkan berlaku di empat prefektur di luar Tokyo.

Sementara itu kasus positif Covid-19 klaster Olimpiade sudah mencapai 193 kasus, 20 di antaranya merupakan atlet

Menyikapi kondisi ini, puluhan warga Jepang berunjuk rasa menuntut Olimpiade dibatalkan karena kasus Covid-19 kembali meningkat.

"Saya di sini untuk memohon kepada Perdana Menteri Jepang Suga, yang merupakan Kepala Eksekutif Jepang, untuk menuntut pembatalan Olimpiade," ucap Kai Koyama seperti yang dilansir dari CNN Internasional Jumat (30/7/2021). 

Tuntutan yang sama juga ditegaskan seorang warga Jepang lainnya,Koji Sugihara.

"Saya pikir benar yang harus dilakukan pemerintah adalah membatalkan Olimpiade dan mengalokasikan semua energi dan anggaran untuk mengendalikan Covid-19," ucap Koji Sugihara, salah satu pendemo Olimpiade Tokyo 2020. 

Sementara itu Melansir AP News, penyelenggara Olimpiade memperkirakan, Olimpiade Tokyo tahun ini menghabiskan dana 15,4 miliar dolar AS. Dana ini naik 22 persen atau sekitar 12,6 miliar dollar dari anggaran tahun lalu.