Natal dan Iblis Jahat Bernama Krampus Penculik Anak Kecil

Ilustrasi Krampus - (foto by nationalgeographic)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Kehadiran sosok Sinterklas selalu menjadi hal yang dinantikan saat Natal tiba, khususnya bagi para anak kecil. Sinterklas memang identik dengan beragam hadiah Natal, terutama bagi anak-anak yang berkelakuan baik. Namun di negara Austria, Natal tak hanya tentang Sinterklas tapi juga tentang kehadiran Krampus, figur iblis jahat berwujud separuh setan dan separuh kambing.

Jika Sinterklas digambarkan datang dengan karung berisi banyak hadiah untuk anak baik, maka dalam cerita rakyat Austria, Krampus digambarkan datang untuk menculik dan memasukkan ke karung anak-anak kecil yang nakal. Dalam bahasa Jerman, Krampus (krampen) berarti cakar.

Di Austria, Jerman, Hungaria dan beberapa negara lainnya, setiap tanggal 5 Desember diperingati sebagai Krampus Night atau Krampusnacht. Saat itu sejumlah orang memakai kostum Krampus dan berkeliling di jalan-jalan kota. Tak hanya menakuti para anak kecil, saat itu para Krampus juga turut mengejar dan menakuti orang-orang dewasa.

Meski demikian, perayaan Krampus Night selalu dinikmati oleh warga setempat. Bahkan, banyak yang menjual pernak-pernik dan makanan dengan tema Krampus.