Pemadam Kebakaran Demo Tuntut Naik Gaji

Unjuk rasa petugas pemadam kebakaran di Prancis - (foto by Reuters)

CELEBESMEDIA.ID - Ribuan anggota pemadam kebakaran di Prancis berunjuk rasa di Ibu Kota Paris. Dilansir CELEBESMEDIA.ID dari CNNIndonesia, para pengunjuk rasa memprotes gaji yang mereka dianggap terlalu rendah dan tidak sebanding dengan risiko pekerjaan yang harus mereka hadapi.

Associated Press memberitakan, Rabu (16/10/2019), aksi ini sudah berlangsung sejak dua pekan lalu. Unjuk rasa kemarin bahkan berakhir bentrok dengan polisi.

Para pemadam kebakaran itu turun ke jalan membawa sejumlah bendera dan mengenakan seragam, helm, masker dan sarung tangan. Mereka sempat mengajak sejumlah pemadam kebakaran di Paris untuk mogok, tetapi ditolak.

Alhasil, mereka memutuskan memblokir jalan. Menurut Presiden Serikat Pemadam Kebakaran Prancis, Andre Goretti, mereka sudah memprotes soal gaji dan tunjangan pensiun sejak Juni lalu, tetapi pemerintah tidak menanggapi tuntutan itu.

Para pemadam kebakaran yang mogok dan berunjuk rasa hanya bagi mereka yang profesional. Sedangkan untuk tenaga relawan dan pemadam di Paris dan Marseille yang merupakan tentara tidak turut serta dalam demonstrasi itu. Sementara itu, untuk membubarkan aksi, polisi menembakkan gas air mata di Place de la Nation.