Amerika Serikat Tegaskan Konsekuensi Jika China Bantu Rusia

Amerika Serikat tegaskan konsekuensi jika China bantu Rusia - (foto by Antara)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Amerika Serikat melarang China mengirim senjata ke Rusia untuk perang di Ukraina. Bahkan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan akan ada konsekuensi serius jika China mengirim senjata ke Rusia.

Pejabat AS telah memperingatkan pejabat China dalam forum tertutup  akibat yang akan ditanggung jika mengirimkan senjata ke Rusia, kata Sullivan.

Dalam program “State of the Union”di CNN Sullivan mengatakan keputusan membantu Moskow, termasuk memberikan bantuan militer, ada di tangan Beijing sendiri.

"... tetapi jika itu yang terjadi, akan ada konsekuensi yang harus ditanggung China," kata Sullivan mengutip ANTARA, Senin (27/3).

Meski demikian tidak dijabarkan secara rinci konsekuensi seperti apa yang akan didapatkan China jika benar mengirim pasokan senjata ke Rusia.

Amerika Serikat mengeluarkan pernyataan terbuka tentang keyakinan mereka bahwa China sedang mempertimbangkan untuk memberikan peralatan mematikan kepada Rusia.

Direktur CIA William Burns juga telah memberikan komentarnya terkait hal tersebut.

"Kami yakin bahwa pemimpin China sedang mempertimbangkan bantuan peralatan mematikan. Kami juga belum melihat keputusan final sudah dibuat (China), dan kami belum melihat bukti adanya pengiriman peralatan mematikan," kata Burns dalam program “Face the Nation” di CBS.

Presiden AS Joe Biden bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy di Kiev, Senin lalu dan menjanjikan bantuan baru bagi Ukraina senilai 500 juta dolar (sekitar Rp7,6 triliun).

AS sejauh ini telah menjadi pemasok bantuan militer terbesar ke Ukraina untuk membantu negara itu melawan pasukan Rusia yang peralatannya lebih baik.