Update Gempa Turki – Suriah : Korban Tewas 21.051, Luka 75 Ribu

Evakuasi korban gempa Turki - (foto by Antara)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Tercatat korban jiwa akibat gempa Turki dan Suriah menembus angka lebih dari 21 ribu.

Mengutip laman Polri.go.id, hingga Jumat (10/2/2023), tercatat 17.674 korban meninggal ditemukan di Turki sementara 3.377 di Suriah.

Sehingga jika dijumlahkan korban tewas akibat gempa dikedua negara itu mencapai 21.051 korban. Sementara jumlah korban luka lebih dari 75 ribu orang.  

Jumlah ini jauh melampaui prediksi Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) hingga Organiasisi Kesehatan Dunia (WHO).

Para ahli khawatir jumlah korban gempa akan semakin meningkat. Apalagi hawa dingin yang saat ini melanda, menghambat pencarian ribuan orang yang masih tertimpa bangunan dan mengancam nyawa korban gempa lain yang tak memiliki tempat berlindung serta air minum.

"Tim penyelamat mencari korban selamat di lokasi bangunan yang runtuh dalam kegelapan di kota Adiyaman dengan suhu di bawah titik beku," kata lembaga penyiaran Turki mengutip Reuters yang diberitakan CNBC Indonesia, Jumat (10/2).

Sembelumnya diberitakan gempa dahsyat magnitude 7,8 terjadi di pusat kota Kahramanmaras, Turki, Senin (6/2). Gempa disebabkan aktivitas Anatolian Plate (Lempeng Anatolia), mengutip Dikutip BBC International.

Gempa kemudian disusul dengan gempa lain, di hari yang sama, dengan magnitudo 7,5.