Polri Kirim Tim Medis dan Forensik ke Turki

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengirimkan personel bantuan ke Turki.

Tim yang dikirimkan terdiri dari tiga tim di bawah koordinasi Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam).

Mereka adalah tim kesehatan yakni dokter spesialis dan perawat. Ada juga tim forensik dari Disaster Victim Identification (DVI) Polri; serta tim K-9 (anjing pelacak).

"Rencana Bapak Kapolri untuk mengirim pasukan SAR Polri dalam operasi kemanusiaan di Turki," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo saat melansir Antara, Kamis (9/2/2023).

Rencananya, pengiriman personel Polri ke Turki dilepas secara resmi oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol. Arief Sulistyanto, Kadivhubinter Polri Irjen Pol. Krishna Murti, dan Kapusdokkes Polri Irjen Pol. Asep Hendradiana di Lapangan Baharkam, Mabes Polri, Kamis, pukul 15.00 WIB.

Informasi dari Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal, bantuan kemanusiaan tahap satu sudah disalurkan pada Senin (6/2).

Paket bantuan itu berupa satu kontainer bahan makanan dan diserahkan tim KBRI Ankara ke Gaziantep yang berlokasi sekitar enam jam perjalanan darat dari Ankara. Iqbal mengatakan bantuan bahan makanan itu merupakan makanan instan yang disertai dengan kompor gas portable beserta tabung gas.

Selain makanan, tim KBRI Ankara juga telah menyiapkan sekitar 300 selimut untuk warga negara Indonesia (WNI) terdampak gempa dan memilih tetap tinggal di rumah penampungan.

Ribuan orang dilaporkan tewas dan puluhan ribu lainnya luka-luka di 10 provinsi di Turki akibat dua gempa besar yang mengguncang wilayah selatan negara itu, Senin (6/2).