China Bangun Rumah Sakit Dalam Waktu 10 Hari, Arsiteknya Kelahiran Indonesia

Rumah Sakit Huoshenshan - (foto by chinadaily)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Pemerintah China baru saja mengejutkan dunia setelah berhasil membangun Rumah Sakit Huoshenshan hanya dalam waktu 10 hari.

rumah sakit darurat untuk pasien virus corona tersebut dibangun di atas lahan 25 ribu meter persegi dan memiliki 1000 tempat tidur untuk pasien serta 1400 petugas medis.Pembangunan RS Huoshenshan melibatkan ribuan pekerja konstruksi. Sebanyak 800 alat berat juga digunakan guna mempercepat pembangunan.

Menariknya, rupanya yang mendesain rumah sakit tersebut adalah seorang arsitek kelahiran Indonesia bernama profesor Huang Xiqiu. Ia memang dikenal memiliki keahlian dalam arsitektur medis.

"Profesor Huang lahir di Indonesia dan dibesarkan China. Dia mengaku sangat menghargai arsitektur medis dan telah membuat kontribusi penting dalam upaya kita bertempur melawan virus SARS dan epidemi virus corona ini," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, dikutip CELEBESMEDIA.ID dari CNBCIndonesia

Berdasarkan laporan sejumlah media, Huang lahir di Jember, Jawa Timur, sekitar 79 tahun lalu. Huang juga dikabarkan sempat mengenyam pendidikan di Chung Hua School di Jember. RS Huoshenshan adalah salah satu dari dua rumah sakit yang dibangun untuk menampung pasien virus Corona. Di rumah sakit kedua yang bernama RS Leishenshan, terdapat 1.300 tempat tidur.