7 Fakta Benda Bersejarah Digunakan Saat Penobatan Raja Charles III

Mahkota St Edward yang akan dikenakan Raja Charles III saat penobatan. (Foto dokumentasi Kerajaan Inggris - repro via royal.uk)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Puluhan ribu warga Britania Raya menyaksiman  penobatan Raja Charles III hari ini, Sabtu (6/5/2023) waktu setempat.

Pangeran Charles naik tahta setelah Ratu Elizabeth II wafat pada Kamis 8 September 2022 lalu.

Dibalik penobatan Raja Charles III yang sakral, ada banyak fakta menarik, mulai dari benda bersejarah yang digunakannya hingga usia Raja Charles III yang masih belia saat menjadi pewaris kerjaan.

Charles Philip Arthur George atau Pangeran Charles menjadi pewaris kerajaan saat berusia tiga tahun pada 1952 ketika Ratu Elizabeth II naik tahta.

Ia lahir di Istana Buckingham pada 14 November 1948.

Raja Charles memiliki tiga saudara kandung, dua putra, dua anak tiri, lima cucu, dan lima cucu tiri.

Dalam penobatannya, Raja Charles III  menggunakan banyak benda bersejarah.

"Raja telah memutuskan untuk menggunakan kembali barang-barang dari penobatan kakeknya, Raja George VI, pada tahun 1937," kata Deputi surveyor karya seni raja, Caroline De Guitaut mengutip CBS News, Sabtu (6/5).

Berikut ini 7 fakta benda bersejarah yang digunakan saat penobatan Raja Charles III.

1. Jubah emas 

 Mengutip laman Royal UK, Sabtu (6/5)  Supertunica atau jubah emas yang digunakan saat penobatan Raja Charles III telah digunakan secara turun-temurun setiap penobatan raja Inggris.

Jubah ini telah digunakan oleh Raja George IV pada tahun 1821. Kemudian digunakan kembali secara berturut-turut oleh Raja George V pada tahun 1911, Raja George VI pada tahun 1937 dan Ratu Elizabeth II pada tahun 1953.

Jubah ini berbentuk mantel emas yang dijahit oleh John Meyer pada tahun 1821 dan Royal Goldsmiths pada saat penobatan Raja George IV.

Bukaan pada bagian depan yang berhiaskan bordiran dengan motif klasik hingga sabuk masih memiliki motif yang sama yakni bunga mawar, bunga artichoke, dan bunga shamrock.

2. Sarung tangan

Mengutip CBS News, Sabtu (6/5), sarung tangan yang dipakai Raja Charles sempat digunakan pada tahun 1937, tepat saat penobatan Raja George VI.

3. Mahkota Raja Charles

Mengutip laman resmi kerajaan, mahkota St. Edward merupakan mahkota yang digunakan Raja Charles III dalam penobatannya hari ini. 

Mahkota itu dibuat pada tahun 1661. Beratnya 4 pon dan 12 ons, atau sekitar 2,2 Kg dan terbuat dari emas murni.

Mahkota St. Edward telah digunakan dalam penobatan setiap raja Inggris sejak penobatan Raja Charles II.

4. Mahkota Permaisuri Camila

Permaisuri Camilla akan mengenakan Mahkota Ratu Mary di Penobatan. Ini adalah pertama kalinya mahkota Permaisuri digunakan kembali sejak abad ke-18 dan akan menampilkan berlian dari koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II.

5. Kursi

Dalam resmi kerjaan juga dijelaskan Raja Charles III akan dimahkotai di Kursi St Edward.  ibuat pada tahun 1300 untuk Edward I dan digunakan pada setiap Penobatan sejak saat itu. Kursi ini disimpan secara permanen di Westminster Abbey.

6. Kereta emas

Kereta kencana emas adalah kereta tertutup yang ditarik delapan kuda yang digunakan oleh Keluarga Kerajaan pada acara-acara besar kenegaraan. telah digunakan pada penobatan setiap raja Inggris sejak George IV. Sampai Perang Dunia II, gerbong itu adalah transportasi biasa kerajaan ke dan dari Pembukaan Parlemen Negara.

7.  Sendok penobatan

Dalam prosesi penobatan itu juga digunakan sebuah "sendok penobatan" untuk mengurapi raja dengan campuran minyak rahasia. Sendok ini telah digunakan di setiap penobatan sejak 1349 .