Israel Tahan 52 Jurnalis Sejak Agresi ke Gaza Oktober 2023

Rompi yang digunakan jurnalis saat meliput di Gaza - (foto by Anadolu)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Perkumpulan Tahanan Palestina (PPS) mencatat  jumlah jurnalis yang ditahan di penjara Israel sejak awal agresi Israel ke Jalur Gaza 7 Oktober 2023 lalu mencapai 52 orang.

Dalam pernyataannya pada Senin (2/9), PPS mengatakan sejak agresi Israel terhadap rakyat Palestina 7 Oktober lalu tentara Israel telah menangkap 98 jurnalis, dengan 52 orang ditahan, 15 diantaranya di bawah penahanan administratif.

Dari 52 jurnalis tersebut, 17 diantaranya merupakan jurnalis dari Jalur Gaza juga ditahan, dengan dua di antaranya menjadi target kejahatan penghilangan paksa. Mereka bernama Nidal al-Wahidi dan Haytham Abdul Wahid.

Terakhir yang ditahan tentara Israel adalah jurnalis foto Hazim Nasser dari Tulkarem yang ditempatkan di bawah penahanan administratif selama lima bulan.

PPS menambahkan bahwa setidaknya 12 jurnalis saat ini menghadapi tuntutan atas tuduhan penghasutan dari otoritas pendudukan.

Menurut lembaga tahanan dan pengacara yang membela tahanan di penjara wilayah pendudukan, hasutan adalah tuduhan yang tidak berdasar dan rentan terhadap distorsi dan sudah menjadi alat yang digunakan otoritas pendudukan untuk menindas warga Palestina, terutama jurnalis.

Sementara itu menurut pernyataan yang dirilis oleh otoritas kesehatan yang berbasis di Gaza pada Minggu (1/9), jumlah warga Palestina yang tewas akibat serangan Israel yang masih berlangsung di daerah kantong tersebut bertambah menjadi 40.738 orang.

Sumber: WAFA-OANA/ Antara