Korban Tewas Akibat Gempa M 6,8 di Turki Menjadi 21 Orang, 1.000 Lainnya Terluka

Petugas mencari korban gempa di Turki / foto: ABS-CBN News

CELEBESMEDIA.DI, Ankara – Gempa magnitude 6,8 mengguncang Sivrice, sebuah kota kecil di Provinsi Elazig yang berjarak 565 kilometer dari ibu kota, Jumat (24/1/2020) malam waktu setempat atau Sabtu (25/1/2020) pagi tadi.

Badan Penanggulangan Bencana dan Situasi Darurat Turki (AFAD) melaporkan, gempa terjadi sekitar pukul 20.55 waktu setempat. Pusat gempa di darat dengan kedalaman 6,7 kilometer dari permukaan Bumi, tepatnya di dekat Sivrice.

AFAD menyebutkan, data terakhir, terdapat 21 korban tewas yang terdiri atas 17 orang di Provinsi Elazig dan empat orang yang tewas di Provinsi Malatya. Selain itu, lebih dar 1.000 orang lainnya mengalami luka-luka.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, sedikitnya 30 orang dilaporkan masih hilang sejak gempa mengguncang. Gempa ini merobohkan gedung-gedung.

"Tidak ada yang terjebak di bawah reruntuhan di Malatya, tapi di Elazig upaya pencarian dan penyelamat masih berlangsung untuk mencari 30 orang," sebut Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu, dilansir dari detikcom.

Sementara Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, memerintahkan untuk membantu para korban gempa. "Kami berdiri bersama rakyat kami," ucap Erdogan dalam pernyataan via Twitter.

Sedikitnya lima gedung di Sivrice dan 25 gedung lainnya di Provinsi Malatya hancur akibat gempa ini. Ratusan bangunan lainnya rusak dan tidak aman untuk ditempati.(*)

Tags : Turki gempa bumi