Korban Tewas Gempa Turki-Suriah Capai 3.823 Jiwa

Tim penyelamat membawa seorang gadis dari bangunan yang runtuh pascagempa di Diyarbakir, Turki, Senin (6/2/2023) - (foto by Antara)

CELEBESMEDI.ID, Makassar – Korban tewas gempa  magnitudo 7,8 di Turki dan Suriah mencapai 3.823 jiwa. Sedangkan korban luka akibat gempa di kedua negara itu sudah belasan ribu orang, hingga Selasa (7/2/2023) pagi.

Korban tewas di Turki tercatat sebanyak 2.379 dan korban luka 14.483 orang, demikian yang disampaikan Wakil Presiden Turkiye Fuat Otkay, mengutip Kompas.com.

Sementara korban gempa di Suriah terdata, 1.444 orang tewas dan 3.500 luka, sebagaimana yang dilaporkan kantor berita AFP. Angka itu dilaporkan oleh Pemerintah Damaskus dan petugas penyelamat di wilayah barat laut yang dikuasai pemberontak.

Jika diakumulasikan korban tewas akibat gempa di kedua negara itu mencapai 3.823 dan korban luka 17.983 jiwa. Jumlah ini diperdiksi akan terus bertambah.

Mengutip Antara, Berdasarkan catatan laman badan cuaca dan geofisika Amerika Serikat (USGS), sampai pukul 13.51 waktu setempat atau 17.51 WIB, sudah sekitar 34 gempa susulan yang berkekuatan besar di atas Magnitudo 4 mengguncang wilayah tenggara negara yang menapak di dua benua itu.

Gempa susulan berkekuatan besar ini memiliki skala antara paling rendah Magnitudo 4,2 sampai tertinggi Magnitudo 7,5.

Laman harian terkemuka Turki, Hurriyet, menyebutkan daerah-daerah terparah tertimpa gempa dengan jumlah korban banyak adalah Pazarcık, Elbistan dan Turoglu yang semuanya berada di Provinsi Kahramanmaras yang tepat di utara Provinsi Gaziantep yang berbatasan dengan Suriah.