Wow! Arkeolog Temukan Gading Hias Langka Berusia 2.700 Tahun

Arkeolog menemukan sebuah koleksi lempengan gading hias yang langka dan prestisius berusia sekitar 2.700 tahun. - (Foto by ANTARA/ Xinhua)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Benda kuno berusia ribuan tahun ditemukan di Yerussalem. Penemuan ini mengegerkan dunia arkeolog karena dipercaya telah berusia 2.700 tahun. 

Para arkeolog menemukan sebuah koleksi lempengan gading hias yang langka dan prestisius yang terbuat dari gading gajah, demikian disampaikan Otoritas Kepurbakalaan Israel (Israel Antiquities Authority/IAA) yang diberitakan Kantor Berita Nasional ANTARA, Selasa (6/9/2022). 

Gading kuno tersebut ditemukan di antara reruntuhan sebuah bangunan megah oleh IAA dan Universitas Tel Aviv di situs arkeologi Kota Daud di Yerusalem.

Perlu diketahui bahwa gading dianggap sebagai salah satu bahan baku paling mahal pada zaman kuno, bahkan lebih mahal dari emas.

Selama proses penggalian, tim tersebut menemukan 1.500 fragmen atau pecahan gading, yang merupakan sisa-sisa dari setidaknya 12 lempengan persegi kecil, dengan panjang 5 sentimeter dan tebal 5 milimeter.