Israel - Hizbullah Memanas, Warga Diminta Tinggalkan Lebanon

Tentara Israel berjalan di dekat perbatasan wilayahnya dengan Lebanon di Israel bagian utara, Kamis (19/10/2023) - (foto by Antara).

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Konflik Israel dan Hizbullah memanas. Kedutaan Besar Amerika Serikat di Beirut pun meminta warga mereka yang ada di sana untuk meninggalkan negara tersebut. 

Ketegangan antara kelompok Hizbullah dan Israel meningkat setelah serangan rudal di Kota Majdal Shams -- yang dihuni suku Druze -- di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, pada Sabtu (27/7) lalu.

Sementara Israel menyalahkan Hizbullah atas serangan yang menewaskan 12 korban dan melukai 40 orang, kelompok bermarkas di Lebanon itu membantah bertanggung jawab.

Menurut Radio Angkatan Darat Israel, militer Israel telah merumuskan skenario untuk kemungkinan serangan terhadap Hizbullah dan sedang membahas rencana tersebut secara politis guna menilai situasi.

Pada Sabtu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bersumpah bahwa Hizbullah akan "membayar harga yang mahal" atas serangan tersebut.

Kekhawatiran berkembang bahwa perang besar-besaran antara Israel dan Hizbullah akan terjadi, di tengah serangan lintas batas yang dilancarkan kedua belah pihak.

"Kami mengimbau warga negara AS untuk menyiapkan rencana tindakan menghadapi krisis dan pergi sebelum krisis terjadi," kata Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Konsuler Rena Bitter yang dikutip dari Antara, Selasa (30/7).

Eskalasi tersebut berlangsung sebagai akibat dari rentetan serangan maut yang dilancarkan Israel di Jalur Gaza hingga menewaskan lebih dari 39.300 korban sejak Oktober 2023.

Sumber: Anadolu / Antara