Ukraina Minta Jerman Pasok Rudal Jarak Jauh

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kementerian Pertahanan di Berlin mengungkapkan Ukraina meminta Jerman  memasok rudal jelajah Taurus.

Taurus adalah peluru kendali yang diluncurkan di udara dan memiliki jangkauan sekitar 500 km.

Taurus dibuat oleh produsen rudal MBDA dari Eropa dan memiliki fitur yang mirip dengan rudal Storm Shadow buatan Inggris.

Rudal ini dapat digunakan untuk menyerang sasaran  bernilai tinggi, pasukan atau tempat pembuangan bahan bakar jauh di belakang garis depan.

Rudal ini juga mampu  menghancurkan sasaran-sasaran yang tahan serangan seperti bunker yang terkubur jauh di bawah tanah.

"Jerman mendapatkan permintaan dari Ukraina itu beberapa hari lalu," kata juru bicara tersebut melansir Reuters diberitakan Antara, Sabtu (27/5).

Namum, dia menolak mengungkapkan seberapa mungkin Jerman memasok rudal jenis ini kepada Ukraina.

Jika pada akhirnya Jerman memutuskan memasok rudal ini, maka Jerman mengikuti langkah Inggris yang Mei ini terang-terangan memberikan rudal jelajah jarak jauh kepada Ukraina.

Sedangkan Amerika Serikat sejauh ini enggan memasok rudal Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS) yang berjangkauan 297 km, kepada Ukraina karena khawatir digunakan Ukraina untuk menyerang wilayah dalam negeri Rusia.