Arab Saudi Larang Penerbangan Langsung dari Indonesia di Musim Umrah

Ilustrasi sterilisasi masjidil haram - (foto by: kontan.co.id)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Indonesia sampai saat ini termasuk di dalam daftar negara yang warganya belum diizinkan melakukan penerbangan langsung ke Saudi. Selain Indonesia, Saudi sementara melarang kedatangan penduduk dari India, Pakistan, Mesir, Turki, Argentina, Brasil, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab (UEA), Ethiopia, Vietnam, Afghanistan dan Libanon.

Pernyataan itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, Hisham Bin Saeed, seperti dilansir Saudi Gazette, Selasa (3/8/2021).

Larangan sementara menerima kunjungan langsung dari Indonesia dan sejumlah negara lain itu ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi dan Badan Penerbangan Sipil Saudi (GACA).

Penyebab utama larangan kunjungan dari Saudi adalah negara-negara itu tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19. Selain itu, untuk sementara Saudi membatasi jumlah jemaah umrah hanya sebanyak 20 ribu orang.

Musim umrah tahun ini akan dimulai pada 9 atau 10 Agustus mendatang. Saat ini pengurus Masjidil Haram di Mekah terus berbenah dan melakukan sterilisasi secara rutin untuk menyambut jemaah umrah.

Dilansir dari Arab News,  pemerintah setempat menerapkan aturan akses terbatas keluar masuk Masjidil Haram, jalur terpisah bagi jemaah dengan kebutuhan khusus, antre dan menjaga jarak saat mengambil air Zamzam, serta menjaga jarak saat tawaf mengelilingi Ka'bah. Protokol kesehatan umrah ini sama dengan saat ibadah haji.

Di sisi lain, Saudi juga memperketat syarat bagi umat Muslim yang ingin menunaikan ibadah umrah dan mendapatkan visa. Calon jemaah umrah diwajibkan sudah dua kali disuntik dosis vaksin Covid-19 sebelum melakukan perjalanan.

Bagi umat Muslim dari Indonesia dan negara lain yang tetap ingin menunaikan ibadah umrah harus melalui negara ketiga dan terlebih dulu melakukan karantina.