Tak Hanya Covanix, India Izinkan Penggunaan Darurat Vaksin Moderna

India izinkan penggunaan darurat vaksin moderna Selasa (29/6/2021) - (int, tirto)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - India memberikan izin penggunaan darurat untuk vaksin corona buatan lokal yang dikembangkan Bharat Biotech yang diberi nama Covanix. Namun tak hanya itu, India memberikan izin penggunaan darurat untuk vaksin corona yang dikembangkan Moderna.


Dilansir CNN Selasa (29/6/2021) Moderna merupakan vaksin keempat yang diizinkan pemerintah setempat usai Covishield buatan AstraZeneca, Covaxin buatan perusahaan India Bharat Biotech, dan Sputnik V buatan Rusia.

"Saya senang menginformasikan bahwa aplikasi yang diterima dari Moderna melalui mitra India mereka, Cipla, telah diberikan EUA (Otorisasi Penggunaan Darurat)," kata Vinod K. Paul, anggota NITI Aayog, diberitakan AFP.

Paul menambahkan perizinan ini membuka jalan buat vaksin buatan luar negeri lainnya diimpor ke India.

Sebagian vaksin Sputnik V sebelumnya sudah diimpor ke India usai disetujui pada pertengahan April.

India saat ini adalah negara kedua terbesar yang mengalami infeksi dengan catatan lebih dari 30 juta kasus, sebanyak hampir 398 ribu orang di antaranya telah meninggal dunia.

India dengan jumlah penduduk 1,3 miliar telah mengalami lonjakan tinggi kasus Covid-19 baru pada April dan Mei. Sejauh ini baru 329 juta dosis vaksin Covid-19 yang terdata sejak program vaksinasi dimulai pertengahan Januari.