Cuaca Ekstrem, Topan Chanthu Terjang Filipina Bergerak ke Taiwan dan China

Rini . 12-09-2021, 13:08
Ilustrasi Topan - (foto by: Reuters)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Filipina diterjang Topan Chanthu Sabtu (11/9/2021). Topan yang membawa angin perusak dan hujan lebat ini tepatnya menghantam di ujung utara Filipina.  

Chanthu, yang dikenal sebagai Kiko di Filipina, merupakan salah satu badai terkuat tahun ini, dengan kecepatan angin 260 kph (160 mph) sebelum mendarat - kekuatannya setara dengan badai Atlantik Kategori 5.

Dikutip CNN, Biro Cuaca Filipina, PAGASA menyampaikan Chanthu mendarat di permukaan pulau Batanes sekitar pukul 08:30 waktu setempat.

Pendaratan ini membuat mereka mengeluarkan peringatan Sinyal 4 untuk daerah Batanes, yang berarti angin topan yang datang berkekuatan sangat merusak.

Sementara itu, wilayah lain Filipina, yakni bagian timur laut Kepulauan Babuyan, berada dalam peringatan Sinyal 3 saat topan itu mendarat.

Sleain hujan deras, topan tersebut menyebabkan gelombang badai. Daerah yang terkena topan juga terancam akan bencana longsor. 

Dikutip Reuters, setelah melanda Filipina, topan ini diprediksi bergerak ke Taiwan. Pihak berwenang kemudian mengeluarkan peringatan ancaman topan di laut maupun darat untuk Pingtung Selatan dan Kabupaten Taitung.

Diperkirakan topan Chantu akan berhenti di wilayah lepas pantai Shanghai pada hari Senin atau Selasa. Pemberhentian itu dapat membawa hujan lebat dan banjir ke wilayah Taiwan.

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment