200 WNI Lari ke Perbatasan, RI Tunggu Konfirmasi Pemerintah Papua Nuguni

Rini . 08-11-2021, 11:45
Perbatasan RI- Papua Nugini - (foto by: Papua.go.id)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ratusan warga Papua dilaporkan lari ke perbatasan Papua Nugini demi menghindari konflik bersenjata yang pecah di provinsi paling timur Indonesia itu dalam beberapa pekan terakhir. Terkait hal ini Pemerintah Indonesia masih  menunggu konfirmasi dari pemerintah Papua Nugini (PNG).

"Perwakilan RI di PNG (Papua New Guinea) tengah melakukan komunikasi dengan pihak Pemerintah PNG atas informasi yang berkembang tersebut," ujar Juru Bicara Kememterian Luar Negeri (Kemenlu Rl), Teuku Faizasyah seperti yang dilansir dari CNN Indonesia, Senin (8/11/2021).

Dalam dua pekan terakhir, baku tembak antara TNI dengan kelompok pemberontak terjadi di provinsi Papua yang mengakibatkan satu orang anak dikabarkan tewas dan beberapa lainnya luka-luka.

Dikutip dari ABC Australia, Komandan Pasukan Pertahanan PNG Gilbert Toropo mengatakan mereka tengah mencari tahu apakah terdapat pasukan tentara Indonesia yang melintas untuk mengejar pemberontak.

Melansir CNN Indonesia, Peneliti Indonesia yang berbasis di Canberra, Hipolitus Wangge mengatakan penyeberangan perbatasan antara Indonesia dan PNG sering terjadi. Hipolitus mengatakan orang-orang yang terlantar akibat kekerasan seringkali kemudian direkrut oleh kelompok-kelompok pejuang pro-kemerdekaan.

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment