Kudeta di Guinea Afrika Barat, Militer Tahan Presiden Alpha Conde

Presiden Guinea, Alpha Conde - ( foto by: Reuters)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar -  Presiden Guinea, Alpha Conde, ditahan pihak militer. Penahanan ini terjadi usai baku tembak antara militer dengan pasukan pengawal presiden.

Sekitar sejam setelah baku tembak reda, Conde dibawa pasukan khusus tersebut untuk ditahan.

Meski demikian, junta militer menyatakan Presiden Alpha Conde dijaga baik-baik usai pasukan bersenjata itu melancarkan kudeta di Guinea.

Sebelumnya sempat dilaporkan, militer menahan Conde. Meski demikian, hingga berita ini dibuat belum diketahui keberadaan Presiden 83 tahun itu.

Melansir Reuters, meski tidak menyebutkan keberadaannya namun junta militer menyatakan jaminan keamanan dan keselamatan Presiden selama penahanan. Pihak militer mengatakan keselamatan Conde terjamin dan selalu diberikan akses kesehatan dari dokter-dokter.

Pihak militer yang melakukan kudeta juga meminta seluruh menteri dan kepala institusi negara untuk datang pada pertemuan Senin (6/9/2021) pagi ini.

"Setiap kegagalan untuk hadir akan dianggap sebagai bentuk pemberontakan terhadap CRND (Komite Pengerahan dan Pembangunan Nasional)," demikian ujar kelompok militer tersebut dalam siaran pernyataan resmi mereka, sebagaimana yang dilansir dari CNNIndonesia, Senin (6/9/2021).