India Dilanda Demam Misterius Tewaskan 40 Anak

Puluhan anak di India meninggal akibat demam misterius - (foto by: bbc)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - India dilanda penyakit demam misterius. Sudah ada 40 anak di Uttar Pradesh India yang dikabarkan meninggal akibat penyakit tersebut. 

Dilansir The Independent, pasien penyakit misterius itu mengalami gejala demam tinggi, nyeri sendi, sakit kepala, dehidrasi, dan mual. Dalam beberapa kasus, pasien juga mengalami penurunan trombosit dan ruam di tubuh.

Menteri Kepala Uttar Pradesh, Yogi Adityanath  menjelaskan bahwa demam misterius ini pertama kali terdeteksi pada 18 Agustus lalu. Saat itu, keluarga pasien memulai perawatan di rumah sakit swasta dan klinik.

"Ketika pemerintah distrik mengetahui mengenai demam itu, mereka mendirikan isolasi untuk anak-anak, dimana tiga anak kemudian dilaporkan meninggal dunia dalam dua hari belakangan. Dua dari tiga anak itu sudah meninggal saat dibawa ke rumah sakit," ucap Adityanath, seperti dikutip Hindustan Times.

Para pasien yang meninggal akibat demam misterius itu sudah dites Covid-19 dan dinyatakan negatif. Para petugas medis pun menyimpulkan demam itu tak berkaitan dengan pandemi Covid-19, meski di negara tersebut Covid-19 juga masih mewabah.

Sejumlah pakar menduga penyakit itu merupakan demam berdarah. Namun, pemerintah juga membantah penyakit itu terkait dengan demam berdarah.

Dikutip CNN, seorang anggota keluarga dari pasien berusia enam tahun yang meninggal mengatakan kepada NDTV bahwa rumah sakit memang sudah kewalahan.

Ia bercerita, anggota keluarganya itu sudah mengalami demam tinggi selama tiga hari. Namun, rumah sakit di Firozabad penuh hingga akhirnya mereka ke Agra.

"Sepuluh menit sebelum kami sampai di Agra, ia mengembuskan napas terakhirnya," katanya.