Vaksin Produk Moderna Disebut Dapat Kalahkan Virus Covid Varian Delta

Vaksin moderna dapat kalahkan virus varian delta - (int, BBC)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Salah satu perusahaan bioteknologi yang berbasis di Cambridge menegaskan telah menemukan vaksin yang dapat mengalahkan virus Covid varian delta.

Moderna dalam siaran persnya menjelaskan vaksin mereka memproduksi titer penetral terhadap semua varian yang diuji, termasuk Delta (B.1.617.2), Kappa (B.1.617.1), Beta (B.1.351), Eta (B.1.525), A.23.1, dan A.VOI.V2.

Dilansir CNN Indonesia, Moderna, Inc. mengumumkan pada Selasa (29/6/2021) bahwa produk vaksin mereka bekerja melawan varian Covid-19 Delta yang pertama kali ditemukan di India berdasarkan hasil uji di lab. Hasil penelitian ini telah diunggah ke situs bioRxiv untuk mendapatkan peer review.

Vaksin tersebut dikatakan memicu respons antibodi melawan semua varian yang diuji, namun respons paling efektif dikatakan tetap melawan jenis asli SARS-CoV-2.

Vaksin ini juga disebut jauh lebih efektif memproduksi antibodi untuk melawan varian Delta dibanding Beta yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan

Saat menghadapi varian Beta antibodi yang menetralisir berkurang enam hingga delapan kali lipat dibanding yang diproduksi untuk melawan jenis asli. Sementara itu pengurangan 3,2 hingga 2,1 kali lipat terlihat ketika menghadapi Delta dan Kappa.

"Data baru ini mendorong dan memperkuat kepercayaan kami bahwa vaksin Covid-19 Moderna seharusnya tetap proaktif melawan varian baru yang terdeteksi," kata Stéphane Bancel, Chief Executive Officer of Moderna.