India Diterjang Banjir dan Longsor, Ratusan Orang Tewas

Banjir dan longsor di India tewaskan ratusan orang - (fotoby by: AFP)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebanyak 115 orang tewas dalam bencana banjir di India. Dilaporkan hingga Minggu (25/7/2021) tim penyelamat masih melakukan pencarian terhadap puluhan korban hilang. Akibat kejadian ini 150 ribu warga harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman. 

Hujan deras mengguyur pantai barat India dalam beberapa hari terakhir di dekat ibu kota keuangan Mumbai. Hujan menyebabkan banjir terburuk dalam beberapa dasawarsa terakhir di negara bagian Goa.

Hampir sepekan ini, India dilanda bencana alam. Sejak Kamis (22/7/2021) India juga mengalami bencana longsor. Tanah longsor menyumbang sekitar sepertiga dari 112 kematian terkait monsun yang tercatat di negara bagian Maharashtra.

Berdasarkan laporan Institut Potsdam untuk Penelitian Dampak Iklim pada bulan April, perubahan iklim dituding menjadi penyebab musim hujan tahun ini jadi lebih kuat ketimbang sebelumnya.

Dilansir AFP, Menteri Kesehatan Goa,  Vishwajit Rane mengungkapkan negara bagian yang berbatasan dengan Maharashtra itu belum pernah mengalami hujan deras seperti itu dalam setengah abad terakhir. Dia mengatakan banjir telah merusak lebih dari 1.000 rumah. 

"Orang-orang hampir kehilangan segalanya," kata Menteri Kesehatan Goa, Vishwajit Rane.

Hujan lebat juga menyebabkan banjir di banyak wilayah di negara bagian Karnataka, menewaskan tiga orang dan memicu evakuasi 9.000 warga, kata para pejabat.

Total terdapat delapan kejadian tanah longsor dan salah satunya menyebabkan kereta api tergelincir. Ramalan cuaca mengeluarkan peringatan merah untuk wilayah pesisir dan memprediksi akan terjadi banjir dalam tiga hari mendatang.