Sempat Pingsan di Persidangan, Mantan Presiden Mesir Mohammed Mursi Meninggal Dunia

Mohammed Mursi/ foto: int

CELEBESMEDIA.ID, Kairo – Mantan Presiden Mesir, Mohammed Mursi, meninggal dunia pada usia 67 tahun di rumah sakit pada pukul 16.50 waktu setempat, Senin (17/6/2019). Pejabat Mesir mengatakan, Mohammed Mursi meninggal dunia setelah pingsan di balik kerangkeng terdakwa selama sesi sidang di Kairo.

"Dia berbicara di depan hakim selama 20 menit dan sangat bersemangat kemudian pingsan. Dia segera dilarikan ke rumah sakit tempat dia kemudian meninggal," kata sumber pengadilan seperti dilansir dari AFP.

Stasiun televisi pemerintah Mesir mengatakan, penyebab kematian Mursi adalah serangan jantung.

Tokoh penting di Ikhwanul Muslimin ini dipenjara sejak dikudeta oleh militer pada 2013 setelah protes massa terhadap pemerintahannya.

Televisi pemerintah mengatakan, Mursi berada di pengadilan untuk menjalani sidang atas tuduhan spionase (mata-mata) yang berasal dari dugaan kontak dengan kelompok Hamas, kelompok Islam di Palestina.

Mursi menjalani hukuman penjara 20 tahun atas pembunuhan massa selama demonstrasi pada 2012 dan hukuman seumur hidup karena spionase dalam kasus yang berkaitan dengan negara Teluk Qatar.

Mursi merupakan presiden pertama yang terpilih secara demokratis dalam sejarah modern Mesir.