WHO Cabut Status Darurat Global Covid-19

Ilustrasi - foto by pixabay

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Status darurat kesehatan global Covid-19 telah ditarik.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (5/5) mengumumkan bahwa Covid-19 bukan lagi darurat kesehatan global.

Berdasarkan rekomendasi Komite Kedaruratan WHO yang telah melakukan pertemuan sebanyaj 15 kali, Direktur Jenderal WHO Tedros Ghebreyesus  menilai status darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional telah berakhir.

"Saya telah menerima saran itu. Oleh karena itu, dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” kata Ghebreyesus melansir Kantor Berita Antara, Minggu (7/5/2023).

Namun, pengumuman tersebut tidak berarti Covid-19 tidak lagi menjadi ancaman kesehatan global.

Tedros memaparkan bahwa pekan lalu virus tersebut masih merenggut nyawa setiap tiga menit

"Virus ini akan tetap ada, masih membunuh, dan masih berubah. Risiko munculnya varian baru yang menyebabkan lonjakan kasus dan kematian baru tetap ada," ujar Tedros memperingatkan.

Maksud.dari deklarasi itu, kata Tedros adalah sudah waktunya bagi negara-negara untuk beralih dari mode darurat ke penanganan Covid-19 seperti penyakit menular lainnya.

Dengan menekankan bahwa itu bukanlah keputusan sekejap, Tedros mengatakan tidak ragu untuk mengadakan pertemuan Komite Kedaruratan jika Covid-19 kembali lagi membahayakan dunia.

Berdasarkan data WHO, sejak Covid-19 mulai merebak pada Desember 2019, tercatat 7 juta kematian dengan jumlah keseluruhan kasus terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 765,3 juta.

Pandemi Covid-19 dinyatakan sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional pada 30 Januari 2020.

Tags : WHO Covid-19