Cuaca Ekstrem, Arab Saudi Kerahkan 4.000 Pekerja Keringkan Masjidil Haram

Pengeringan Masjid Haram setelah diguyur hujan lebat - (foto by : AP Photo)

CELEBESMEDIA.ID, Riyadh - Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi (NCM) memprediksi hujan lebat dan badai petir akan terjadi di beberapa wilayah. Cuaca ekstrem ini dimulai sejak Selasa (28/12/2021) hingga Kamis (30/12/2021).

Otoritas Arab Saudi mengimbau masyarakat untuk waspada. 

Dikabarkan beberapa kota di Arab Saudi mengalami penurunan suhu hingga hampir mencapai titik beku akibat curah hujan yang tinggi. 

Di Al Qurayyat, Al Jouf, dan Turaif, wilayah Perbatasan Utara Saudi suhunya bahkan di bawah 1 derajat Celcius pada Sabtu (25/12/2021).

Curah hujan yang tinggi ini mengharuskan otoritas Arab Saudi mengeringkan Masjidil Haram usai hujan deras mengguyur Mekkah.

Mengutip Arab News, Rabu (29/12/2021), ada 4.000 pekerja yang diturunkan untuk mengeringkan Masjidil Haram, 200 pengawas, ada 460 mesin dan peralatan lain yang digunakan untuk membersihkan halaman dan atap Masjidil Haram.

"Badan kepresidenan juga telah mendistribusikan penyedot air dan peralatan kebersihan di dalam dan di luar masjid untuk memperlancar proses pengeringan," tutur Wakil Sekretaris Jenderal untuk Layanan dan Urusan Lapangan dan Penyelidikan Perlindungan Lingkungan, Mohammed Al-Jabri.