RS Indonesia di Gaza Berhasil Evakuasi Seluruh Pasien

Petugas medis membawa korban serangan Israel ke sebuah rumah sakit di Gaza. - (foto by Anadolu)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara berhasil mengevakuasi seluruh pasiennya.

Bangsal-bangsal di rumah sakit itu telah kosong pada Sabtu (25/11). Evakuasi dilakulan mengingat masih sedikitnya bantuan yang masuk ke jalur Gaza dari total kebutuhan lebih dari 2 juta penduduk Gaza.

"Bantuan medis yang masuk ke Jalur Gaza tidak memadai dan lebih sedikit dari sebelumnya," ujar Ashraf Al-Qudra, juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza kepada Anadolu mengutip Antara, Sabtu (25/11)

Meski bantuan telah diizinkan masuk ke Gaza selama gencatan senjata ini namun ia memperingatkan situasi kesehatan di Jalur Gaza masih sangat buruk.

"Tidak ada fasilitas kesehatan," kata Qudra, menyebutkan bahwa “hanya tiga rumah sakit yang beroperasi dengan kemampuan yang sangat terbatas di Jalur Gaza utara, tempat tinggal sekitar 900 ribu orang.”

Tercatat jumlah warga Palestina yang tewas dalam serangan Israel tersebut melonjak hingga 14.854 jiwa, menurut keterangan kantor media pemerintah di Gaza pada Kamis

Korban jiwa tersebut termasuk 6.150 anak-anak dan lebih dari empat ribu wanita, sementara 36 ribu lainnya mengalami luka-luka. Sementara itu sekitar tujuh ribu orang masih hilang, termasuk lebih dari 4.700 anak, sebut media itu.

Sumber: Anadolu