Kapal Kargo Berat 43 Ribu Ton Tersangkut di Terusan Suez

Rini . 10-09-2021, 11:10
Ilustrasi kapal tersangkut di Terusan Suez -(foto by: AFP)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebuah kapal kargo besar tersangkut di Terusan Suez pada Kamis (9/9/2021). Peristiwa ini sempat memicu kemacetan di salah satu jalur perdagangan global tersebut.

Otoritas Terusan Suez (SCA) menjelaskan kapal seberat 43 ribu ton itu sempat tersangkut di bagian utara Terusan Suez. Namun, kru kapal dapat mengupayakan solusi pergerakan sendiri dan berhasil mengatasi masalah sekitar 15 menit setelahnya.

Juru bicara Terusan Suez, Geoge Safwat, mengatakan bahwa saat insiden terjadi, ada 61 kapal bermuatan total 3, juta ton kargo sedang transit di Terusan Suez tersebut. Ia mengakui sempat terjadi kemacetan.

"Kemacetan itu tak berdampak negatif," kata Safwat, seperti dikutip dari USA Today.

Meski sempat menimbulkan kemacetan. Namun, masalah itu dapat terselesaikan dengan cepat.

Hanya ada masalah kemacetan sedikit dan dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari satu jam," ucap seorang petugas SCA, sebagaimana dikutip The Independent.

Sebelumnya pada Maret lalu, sebuah kapal kargo raksasa yang juga berbendera Panama, Ever Given, tersangkut di Terusan Kanal hingga enam hari. Insiden itu memicu kemacetan. Bahkan saat itu Mesir memerintahkan pemilik kapal, Shoe Kisen, Kaisha, untuk membayar US$900 juta atau setara Rp13,16 triliun sebagai kompensasi.

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment