Rekor Baru Penambahan Kasus Harian Covid-19 Tokyo Capai 4.058 Kasus di Tengah Olimpiade

Jumlah kasus harian Covid-19 di Jepang terus melonjak di tengah gelaran olimpiade - (foto by: Reuters/Issei Kato)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Penambahan kasus harian di Tokyo terus melonjak di tengah gelaran Olimpiade Tokyo 2020Tercatat Sabtu (31/7/2021), kasus baru Covid-19 di wilayah Tokyo mencapai 4.058. Jumlah ini adalah rekor harian yang baru kali pertama terjadi penambahan sebanyak empat ribu lebih kasus baru dalam satu hari.

Jumlah itu naik 1.128 kasus dari yang dilaporkan minggu sebelumnya, yaitu 3.300 infeksi baru.

Penambahan hari ini juga melampaui rekor tertinggi sebelumnya yakni 3.865 kasus yang terjadi dua hari lalu.

Dilansir CNN Internasional, rata-rata kasus harian Covid-19 di Tokyo dalam sepekan mencapai 2.920 kasus, naik dari minggu sebelumnya yakni 1.345 kasus.

Secara total, Jepang mencatatkan 10 ribu kasus baru pada Jumat (30/7/2021), akibat varian Delta yang diketahui memiliki tingkat penularan yang sangat cepat. 

Sedangkan jumlah kasus Covid-19 dengan gejala berat di Tokyo bertambah tujuh orang sehingga kini menjadi 95 kasus. Otoritas setempat juga melaporkan tiga kematian akibat infeksi virus Corona.

Pencapaian rekor baru lonjakan Covid itu justru terjadi sehari setelah Jepang memutuskan memperpanjang status darurat di Tokyo hingga akhir Agustus mendatang.

Seperti dilansir Reuters, status darurat itu juga diperluas di tiga prefektur yang berbatasan dengan Tokyo, juga di Prefektur Osaka yang berada di Jepang barat.

Sementara itu, panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo menyatakan telah mencabut akreditasi seseorang terkait kegiatan kejuaraan Olimpiade karena meninggalkan kampung atlet untuk berjalan-jalan. Hal ini berarti tanpa akreditasi, seseorang tidak bisa masuk ke fasilitas olimpiade mana pun di ibu kota Jepang tersebut.

Jumat lalu,  jumlah positif dari kampung atlet Olimpiade pun mencatatkan rekor tertinggi yaitu 27 kasus.